PROGRAM KEBERBAKATAN


LAYANAN DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF SMP NEGERI 29 SURABAYA

Layanan yang diberikan berdasarkan dari identifikasi dan asesmen masing-masing anak berkebutuhan khusus, dan dikembangkan sebagai alternative program pelayanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  1. Layanan Pendidikan penuh.
ABK belajar bersama didalam komunitas yang beragam dibawah guru bimbingan bidang study. Sedangkan Guru Pembimbing  Khusus (GPK) bertanggung jawab dalam pembuatan program Akademis dan Non Akademis, monitor pelaksanaan program dan mengevaluasi hasil pelaksanaan program.
     2.    Layanan Pendidikan Dimodifikasi.
ABK  mengikuti proses belajar bersama-sama anak pada umumnya dalam komunitas kelas yang beragam dibawah guru  bidang study, dan Guru Pembimbing Khusus berperan dalam membimbing beberapa aktivitas tertentu yang tidak dapat diikuti oleh ABK.
3.   Layanan Pendidikan Individualisasi.
ABK mengikuti proses belajar bersama-sama pada umumnya dalam komunitas kelas yang beragam dibawah Guru Pembimbing Khusus dalam melaksanakan program pembelajaran Individual.
Untuk memaksimalkan ketiga program layanan diatas juga diberikan beberapa layanan yang mendukung al :
Ø  Layanan Program Pembelajaran Individual
Ø  Layanan Bimbingan dan pengembangan
Ø  Layanan pembelajaran khusus
Ø  Layanan Asesmen.
Ø  Layanan Observasi.

KURIKULUM YANG DIGUNAKAN
     Kurikulum yang digunakan dalam penyelenggaraan Pendidikan Inklusi SMP Negeri
    29 Surabaya menggunakan kurikulum umum (regular ) dan kurikulum modifikasi, al :
      1. Program Pembelajaran Individual :
Ø  Remidial dan Pengayaan
Ø  Bimbingan
      2. Program Bimbingan dan Pengembangan keberbakatan dan life skill al :
-          Melukis, Menyanyi, Musik, Memasak, menjahit dan menyulam
  1. Program Pembelajaran kekhususan , Terapi
Ø  Bimbingan dan Pengembangan  al :
-          Etika dan Tata krama dll
Ø  Macam – macam Terapi
-          Bina Diri
-          Perilaku
-          Wicara  dll

0 komentar:

Posting Komentar