LAYANAN DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF SMP NEGERI 29 SURABAYA
Layanan yang diberikan berdasarkan dari
identifikasi dan asesmen masing-masing anak berkebutuhan khusus, dan
dikembangkan sebagai alternative program pelayanan sesuai dengan kebutuhan
masing-masing.
- Layanan Pendidikan penuh.
ABK belajar bersama didalam komunitas yang beragam
dibawah guru bimbingan bidang study. Sedangkan Guru Pembimbing Khusus (GPK) bertanggung jawab dalam pembuatan
program Akademis dan Non Akademis, monitor pelaksanaan program dan mengevaluasi
hasil pelaksanaan program.
2. Layanan Pendidikan Dimodifikasi.
ABK mengikuti
proses belajar bersama-sama anak pada umumnya dalam komunitas kelas yang
beragam dibawah guru bidang study, dan
Guru Pembimbing Khusus berperan dalam membimbing beberapa aktivitas tertentu
yang tidak dapat diikuti oleh ABK.
3. Layanan
Pendidikan Individualisasi.
ABK mengikuti proses belajar bersama-sama pada umumnya
dalam komunitas kelas yang beragam dibawah Guru Pembimbing Khusus dalam
melaksanakan program pembelajaran Individual.
Untuk memaksimalkan ketiga program layanan diatas juga
diberikan beberapa layanan yang mendukung al :
Ø Layanan Program Pembelajaran Individual
Ø Layanan Bimbingan dan pengembangan
Ø Layanan pembelajaran khusus
Ø Layanan Asesmen.
Ø Layanan Observasi.
KURIKULUM YANG DIGUNAKAN
Kurikulum yang digunakan
dalam penyelenggaraan Pendidikan Inklusi SMP Negeri
29 Surabaya menggunakan kurikulum umum (regular )
dan kurikulum modifikasi, al :
1. Program Pembelajaran Individual :
Ø Remidial dan Pengayaan
Ø Bimbingan
2. Program Bimbingan dan
Pengembangan keberbakatan dan life skill al :
-
Melukis, Menyanyi, Musik, Memasak,
menjahit dan menyulam
- Program Pembelajaran kekhususan , Terapi
Ø Bimbingan dan Pengembangan al
:
-
Etika dan Tata krama dll
Ø Macam – macam Terapi
-
Bina Diri
-
Perilaku
-
Wicara dll
0 komentar:
Posting Komentar